assalamualaikum warahmatullahiwabarakatuh dok,

Anak saya usia 2 thn, pernah terkena herpes di lipatan leher. Sebelum herpes muncul dia sempat panas tinggi. Setelah panas turun baru muncul herpesnya. Bisakah dijelaskan apa sebenarnya herpes itu, apa penyebabnya, berbahayakah untuk dia nantinya (mungkin mengganggu syaraf atau yg lainnya). Saya pernah dengar katanya penyakit herpes tidak bisa sembuh total, suatu saat akan muncul lagi, benarkah itu dok? Terima kasih atas penjelasannya.

wassalamualaikum warahmatullahiwabarakatuh

Jawaban Dokter :

salam sehat,
sebelumnya saya perlu menjelaskan bahwa herpes berbeda dengan cacar air. apa benar anak anda terkena herpes? apa bukan cacar air?
herpes adalah penyakit kulit yang terjadi akibat infeksi virus herpes simpleks, gejalanya berupa lepuhan (vesikel) di area sekitar mulut. hal ini sering menimpa anak-anak dengan jalur penularan melalui kontak langsung atau melalui ibu ke anak saat persalinan. memang benar herpes tidak bisa diobati secara tuntas karena virus bersembunyi dalam saraf dan akan kambuh bila daya tahan tubuh anak turun. jarang herpes bisa menimbulkan kematian kecuali anak dalam keadaan daya tahan tubuh yang sangat rendah misal penderita HIV.
sedangkan cacar air adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh virus varicella. ciri khas penyakit ini adalah lepuhan yang terjadi di tubuh yang muncul setelah gejala prodomal dahulu. sekali terkena cacar air maka akan kebal untuk seumur hidupnya jadi serangan hanya satu kali. bila daya tahan tubuh rendah maka virus bisa bertahan dalam tubuh dan kambuh kembali sebagai herpes zooster (cacar ular) yang biasanya muncul saat tua dengan gejala lepuhan dan nyeri di sekitar saraf yang diinfeksi.
jadi pastikan dulu ke dokter spesialis anak apakah ini herpes atau cacar air supaya anda pun lebih jelas dan tenang.
semoga membantu