dok saya pengidap hepatitis B akut di perkirakan masih kurang dari 6
bulan…Awalnya saya tidak mengetahui bahwa saya pengidap karan penyakit
saya memang tanpa gejala…

hasil pemeriksaan HBsAg saya positif (21.37),anti HBsAg saya negatif (5)
SGOT/SGPT saya normal…

apakah penyakit saya ini dapat di sembuhkan??
lalu terapi apa yang cocok untuk pengidap seperti saya?

terima kasih. 

Jawaban Dokter :

Penyakit Hepatitis B sebanyak 10 % akan berkembang menjadi hepatitis B kronis. yang perlu dipantau adalah pemeriksaan \fungsi hati SGOT/PT, bilirubin I/II/total, albumin, globulin) dan kadar antibodi terhadap Hepatitis B (titer anti HBs) dan kadar kuman Hepatitis B (HBsAg) dalam darah tiap 6 bulan sampai 1 tahun.

saat ini anda memiliki HBsAg yang positif, berarti kadar virus dalam darah masih ada, dan antibodi belum terbentuk. untuk menterapi hepatitis B, diperlukan pemeriksaan pendahuluan seperti: pemeriksaan JUMLAH virus : viral load, untuk menentukan perlunya terapi dan HBeAg untuk mengetahui derajat beratnya penyakit anda.

penanganan hepatitis B secara umum adalah mencegah anda untuk menjadi hepatitis B yang kronis, mencegah penularan terhadap pasangan seksual dan anak anda, dan mencegah terjadinya pengerutan hati (cirrhosis hepatis). Ketiga hal ini membutuhkan penanganan khusus dan saya sangat menganjurkan anda untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam, konsultas hepatologi (hati).

semoga berguna