Dok,anak saya berumur 8 bln dan memiliki hemangioma yg kecil2 namun byk di sekitar bwh ketiak,tp anehnya bukan hny tonjolan merah saja,tetapi daerah tsb bengkak sebesar bakso dan berwarna ungu.. sempat saya berikan trombopop,namun tidak menghilang bahkan membesar spt halnya hemangioma.. sy khawatir hemangioma n bengkak tsb tdk mengilang..terlebih munculna pd daerah yg srg kami pegang jika menggendong anak tsb.. 1.ke dktr apakah kmi hrs bertemu? 2. pd umur brp sebaiknya dilakukan tindakan laser/penyuntikan? 3. dan biasanya frekuensi na brp kali,bulanan/mingguan?? MOhon infonya..Terima Kasih

Jawaban Dokter :

Salam sehat,

Hemangioma pada bayi dan anak memang sering terjadi, walaupun demikian, sebagian besar hemangioma tidak membahayakan dan beberapa jenis tertentu dapat hilang sendiri pada usia 7-12 tahun.

Perlu dibedakan antara hemangioma dan malformasi vaskuler. Pada malformasi vaskuler kelainan sudah terlihat jelas pada saat lahir dan bertumbuh dengan cepat. Pada pemeriksaan mikroskopis terdapat banyak jaringan parenkim.

Penanganan hemangioma bisa dengan cara non operatif sampai operatif. Umumnya penggunaan kortikosteroid dapat memeberikan hasil yang baik. Namun skleroterapi dan kemoterapi dapat memberikan hasil yang cukup memuaskan juga.

Saya tidak dapat memastikan mulai kapan dapat dilakukan laser terapi karena says tidak melihat hemangiomanya. Untuk penanganan lebih lanjut anda dapat menemui dokter untuk berkonsultasi lebih lanjut.

Semoga bermanfaat.