Selamat pagi dokter,

Saya ingin bertanya seputar permasalahan kandungan.

Begini, ada kenalan saya yang bilang bahwa dia hamil kemudian keguguran. Pada waktu dia mengetahui bahwa dia hamil, pada saat itu dia sedang ada permasalahan dengan pacarnya. Adapun dia mengetahui bahwa dia hamil karena ada teman 1 kampusnya yang sedang mengandung, dan ketika dia melihat orang itu, dia juga jadi ingin hamil. Nah, setelah itu dia pun menggunakan alat tes dan hasilnya positif, dan dia dua kali melakukan tes ini. Karena pada saat itu dia masih bertengkar dengan pacarnya dan tertekan oleh berbagai keadaan, dia tidak bisa memberitahukan tentang kondisinya ini. Kemudian beberapa hari kemudian, mereka putus, entah karena sangat tertekan atau bagaimana, dia bilang pada malam harinya tiba2 perutnya sakit sekali dan kemudian, entah menstruasi atau keguguran, dia mengeluarkan banyak darah, dan darah itu kental sekali. Nah setelah itu dia mengalami sakit perut yang parah, saya dengar2 dari orang kalau setelah keguguran memang sebaiknya dikuret dulu, agar bersih. Namun sepertinya dia takut untuk ke dokter.

Saya ingin bertanya, apakah yang dia alami itu benar2 kehamilan? Karena dulu saya pernah mendengar tentang false pregnancy, yaitu suatu kondisi dimana karena seseorang sangat ingin hamil maka tubuhnya menunjukkan tanda2 bahwa dia hamil. Apabila dia memang benar2 hamil dan keguguran, apakah yang sebaiknya dilakukan sekarang agar tidak memperparah kondisi kesehatannya?

Sebagai informasi tambahan, kenalan saya ini selama ini fase menstruasinya tidak beraturan, dan menurut dia, kemungkinan usia kehamilannya sekitar 1 atau 2 bulan.

Sekian pertanyaan saya, saya tunggu balasannya.

Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Jawaban Dokter :

salam sehat.
memang benar ada yang namanya false pregnancy apalagi bila ada keinginan kuat pada wanita untuk hamil tapi false pregnancy tidak akan menimbulkan hasil positif pada tes kehamilan. karena pada false pregnancy tidak dihasilkan hormon HCG yang hanya dihasilkan oleh ari-ari janin yang dideteksi pada tes kehamilan.
jadi kemungkinan teman anda memang hamil dan mengalami keguguran. nah keguguran bisa saja incomplete makanya harus dikuret karena ada sisa jaringan di rahim dan komplit artinya sudah keluar spontan semua jaringan yang ada. kalau komplit maka tidak masalah tapi kalau incomplete maka bisa ada ancaman perdarahan terus menerus.
untuk amannya sebaiknya dilakukan pemeriksaan USG rahim oleh dokter spesialis kandungan untuk memastikan bersih tidaknya rahim.
semoga membantu