Sabtu kemarin , anak cowok saya umur 9.5 thn mengeluh sakit saat pipis, dan langsung dibawa ke dokter, dokter menyarankan utk ke lab dan memberikan sample urine, dr hasil lab jelas anak saya menderita infeksi saluran kencing karena ada bakteri dan sendimen darah.
Hari Senin ini saya memeriksakan ke lab lagi dan hasilnya bagus, tapi ada satu hal yang saya mau tanyakan yaitu :
hasil epitelnya masih 1+, padahal hasil rujukan harusnya negatif. Dan saya tambahkan saat kemarin dia langsung diinfus antibiotik  serta minum obat sirup antibiotik, hari ini masih minum karena belum habis.
Gimana tanggapan dari dokter? Apakah hasil epitel yang masih 1+ ini masih bebrbahaya, atau sudah sembuh?
Terima kasih
Susan

Jawaban Dokter :

Malam sobat. Kriteria diagnosa utama dari infeksi saluran kemih adalah adanya gejala nyeri saat BAK, serta didukung oleh pemeriksaan air seni, dimana didapatkan sel darah putih pada air seni. Sel darah putih merupakan komponen darah yang akan meningkat di saat terjadi infeksi. Sehingga bila ada di dalam urine artinya ada infeksi di sepanjang saluran kencing. Sel epitel seperti kulit, bisa saja mengelupas sedikit, namun kondisi tubuh tetap normal. Adanya satu sel epitel ini dalam urine tidak bernilai diagnostik tanpa didukung gejala lain. Selama anak sudah tidak ada keluhan, maka anda tidak perlu kuatir.