yth,Tanya Dokter Anda beserta para Dokter.

berikut hasil dari “bone scanning” adik saya oleh bagian kedokteran nuklir :

” tampak penangkapan radioaktivitas yg meningkat di OS Costae II,V,VI,VII hemitorax anterior dextra,OS COSTAE I ,VI hemithorax anterior sinistradan OS COSTAE X hemithorax dextra. Penangkapan dan distribusi radioaktivitas pada tulang lainnya masih dalam batas normal ” …Kesan ” Gambaran suatu proses metastase yg multipel pada tulang.Suspect fraktur kompresi OS VERTEBRAE C II “…!
bisakah saya dijelaskan hasil dari pemeriksaan dan kesan yg dimaksud diatas DOK ? tolong bantuannya dok, dan terima kasih sebelumnya dok.

Jawaban Dokter :

Salam sehat,

Bone scan merupakan pemeriksaan penunjang untuk mendeteksi aktivitas sel tulang, dan sering digunakan untuk memeriksa metastasis alias penyebaran sel kanker. Tergantung dari hasilnya, peningkatan aktivitas bisa karena adanya sel kanker, namun juga bisa karena adanya proses inflamasi (bisa karena trauma atau infeksi).

Dari hasil pemeriksaan tersebut menggambarkan bahwa adanya peningkatan aktivitas pada tulang rusuk ke 2, 5, 6, 7 sebelah kanan depan, dan tulang rusuk ke 1 dan 6 sebelah kiri depan, dan tulang rusuk ke 10 di kedua sisi. Hal ini menggambarkan adanya peningkatan aktivitas sel tulang pada tulang-tulang tersebut.

Pada pemeriksaan itu juga ditemukan fraktur kompresi pada tulang belakang servikal kedua. Fraktur kompresi, atau patah tulang remuk tergencet, dapat terjadi pada pasien dengan trauma, atau tulang keropos.

Semoga membantu, terimakasih.

Diabetes