Selamat malam Dok…
Dok, saya seorang ibu rumah tangga. Usia saya 24 tahun, saya sudah menikah selama 3 tahun. Tapi saya belum dikarunia keturunan.
Haid saya tidak teratur dok, sebelumnya saya haid tanggal 3 September 2014. Namun sampai bulan ini saya belum haid lagi dok.
Kemarin tanggal 18 Desember 2014 saya datang ke dokter kandungan, lalu saya dikasih obat Norelut untuk memancing haid dan dianjurkan tes hormon saat haid hari ke 2 atau 3 dok.
Seminggu kemudian setelah saya minum obat norelut itu, saya haid dok. Dan hari ini saya sudah tes hormon sesuai dengan yang dianjurkan dokter kandungan.

Hari ini saya melakukan tes hormon, sebagai second opinion saya minta pendapat dokter mengenai hasil tes laboratorium hormon saya berikut ni :

1. TSHs : 1.187 pIU/mL

2. LH : 2.06 mIU/mL

3. FSH : 6.96 mIU/mL

4. Prolaktin : 9.70 ng/mL

5. Estradiol : 58.1 pg/mL

Mohon penjelasannya mengenai kelima jenis tes hormon  tersebut. Apakah hasilnya normal atau tidak? Jika tidak, apa yang harus saya lakukan selanjutnya dok?

Terima Kasih…

Jawaban Dokter :

baik ibu. jka ibu tidak mengalami menstruasi selama dua bulan, tes pack negatif dan saat ini flek2. kondisi ini beragam penyebabnya. salah satunya karena tidak terjadi pematangan sel telur. dinding rahim terus berada dalam kondisi menebal (kondisi sebelum menstruasi) dan terkadang lapisan teratas dinding tersebut rapuh dan muncul sebagai flek. periksakan diri ibu ke dokter untuk mengetahui penyebab tidak lancarnya siklus haid ibu dan mendapatkan terapi yang sesuai
salam sehat