Dok saya telat menstruasi 1 minggu , sudah dites kehamilan namun negatif. 17 maret lalu saya makan sushi dengan wasabi, lalu perut saya panas, melilit. Keesokan harinyaada gumpalan darah yang agak besar disertai darah seperti saat mens. Apakah saya hamil atau keguguran? Apakah ada kaitan makan wasabi dengan darah menstruasi? Mengapa saya telat seminggu?

Jawaban Dokter :

Penyebab dari telat datang bulan biasanya memang kehamilan, penyebab lain bisa karena sedang stress atau kelelahan atau pengaruh KB. Untuk pemeriksaan kehamilan dapat menggunakan Test Pack yang dibeli di apotek dan biasanya baru memberikan hasil yang positif pada usia kehamilan 2 minggu di mana hormon HCG sudah cukup tinggi di dalam urine. Cara lain adalah dengan pemeriksaan USG untuk melihat adanya kantong kehamilan. Jika pada pemeriksaan USG ada tanda-tanda kehamilan maka kemungkinan besar gumpalan darah yang keluar tersebut adalah akibat keguguran.

Mengenai kaitan wasabi dengan menstruasi sepertinya tidak ada. Wasabi yang pedas kemungkinan besar menyebabkan timbulnya sakit maag yang membuat perut terasa panas, pedih, tertusuk dan melintir.