saya mau tanya, cowok saya (28 th) mengalami keluhan sering gemetar tetapi bukan di luar seperti orang kedinginan. tetapi lebih di dalam, seperti ada aliran darah yg tersumbat atau di paksa memompa ke seluruh tubuh.ketika dia sedang dalam keadaan relaks atau tiduran secara tiba2 bisa mengalami hal tsb. dlm satu hari bisa 2/3 kali terjadi dan badan nya terasa lemas atau tidak fit. tidurnya juga tidak nyenyak, sering terbangun kaget di tengah malam.
keluhan lain nya jika dia kaget, di kedua tangan nya dr siku sampai ujung jari terasa seperti kesetrum. kejadian ini kira2 sudah 1 bulan.
sebenarnya penyakit apa yg sedang di alaminya dok? karena dia priksa beberapa kali hanya di katakan tidak apa2 atau hanya stress saja.
memang pernah ada masalah berat yang di alaminya tetapi apakah itu sangat berpengaruh? ada kah terapi yang bisa di lakukan untuk menyembuhkan nya?
terimaksih banyak…

Jawaban Dokter :

salam sehat,
Dari cerita anda mengenai keluhan pacar anda, sulit bagi saya menentukan apa penyebab keluhan tersebut. Bila memang pacar anda telah berobat dan dikatakan tidak ada masalah, mungkin penyebabnya lebih ke arah psikologis. Trauma psikis memang dapat menyebabkan munculnya berbagai macam keluhan. Bila memang penyebabnya adalah trauma psikis, saya anjurkan pacar anda untuk berkonsultasi dengan psikiater, agar dapat diberikan terapi yang sesuai.

Semoga bisa membantu.