Dok, 2 mgg lalu aku mengalami demam, mual-mual, keluar asam lambung, pangkal lidah kotor berwarna putih spt habis minum susu, kepala berat dan nyeri. Aku tak berobat ke rs atau praktek dokter, hanya minta resep pd dokter kenalan, dan diberi terapi obat typus, cloramfenicol, cefadroxil, parasetamol dan milanta serta kompres setiap demam. Setelah 1 mgg kesehatan membaik, aku jaga ketat asupan makanan, demam turun dan selera makan membaik. 3 hr kemudian aku minta periksa lab  di rsu. Hasil rata2 normal kecuali kgd hanya 90, skrg badan belum normal spt semula/sedia kala, perasaan demam msh ada, mkn msh hati2 dan tak lg mkn obat. Mohon nasehatnya. Terima kasih.

Jawaban Dokter :

salam sehat
sebenarnya dalam mengobati thypoid fever atau demam tifus membutuhkan waktu minimal 2 minggu berturut-turut minum obat antibiotik agar kuman penyebab tifus benar-benar hilang dari tubuh anda.
bila anda tidak minum selama 2 minggu maka kemungkinan kuman akan bersembunyi dalam kandung empedu anda dan sewaktu-waktu tifus anda bisa kambuh kalau daya tahan tubuh anda menurun. selain itu waspadalah bila makan di luar, pastikan tempat makan bersih dan anda cuci tangan agar tidak tertular dari lingkungan luar.
memang biasanya gejala akan mulai berkurang setelah 1 minggu pengobatan dan pulih total dalam 2-3 minggu kemudian tergantung daya tahan tubuh anda. teruskan obat antibiotik hingga 2 minggu minum obat dan perbanyak makan bergizi dan istirahat.
informasi mengenai demam tifus dapat dibaca di
http://www.tanyadokteranda.com/featured/2011/01/tifus-umum-tapi-fatal
semoga membantu