Dok, Saya Mau Tanya, yang saya tahu stroke di bagi menjadi 2 jenis stroke iskemik dan hemoragik,
Iskemik di bagi lagi menjadi, trombotik dan embolik
sedangkan hemoragik di bagi lagi hemoragik intraserebal dan hemoragik subarachnoid..
apa Gejala dan solusi pengobatannya tiap jenis stroke tersebut?

TRIMS

Jawaban Dokter :

Selamat siangÂ
pada dasarnya stroke memang dibagi 2, yakni iskemik dan hemoragik. iskemik terjadi jika otak tidak lagi mendapat suplay oksigen dari pembuluh darah. hal ini bisa disebabkan oleh penyumbatan pada pembuluh darah sendiri. sedangkan hemoragik terjadi jika pada pembuluh darah otak terjadi perdarahan, misalnya akibat dari tekanan darah yang tinggi.
untuk gejala, kedua tipe stroke tersebut memberikan gejala yang sama yakni terjadinya mendadak. iskemik dan hemoragik dibedakan hanya sebagai penyebabnya.Â
ayangnya pemulihan sel saraf otak sangat sulit sehingga kemungkinan untuk pulih sangat tergantung pada luas kerusakan. Semakin awal ditangani , luas kerusakan otak yang terjadi dapat kita minimalisir. Hingga saat ini penanganan stroke adalah supportif yang artinya hanya berusaha mempertahankan sel-sel saraf yang masih sehat dengan menambah nutirisinya. Terapi rehabilitasi untuk memulihkan fungsi-fungsi otak biasa dilakukan oleh bagian fisioterapi. Umumnya pelatihan menggerakan otot-otot tangan , kaki agar tidak kaku dan dapat kembali kuat. Melatih gerakan-gerakan dasar untuk mengurus diri sendiri seperti memakai baju, makan, terapi bicara dan lain-lain.

Untuk informasi lebih lengkap, sobat bisa membaca artikel berikut: http://www.tanyadok.com/penyakit/strok
Terima kasih