Dok, saya perempuan 33 tahun. Saya sedang bingung dengan penyakit yang saya derita. Sejak adanya serangan panik (jantung berdebar) pada malam hari 2 minggu yang lalu, sampai sekarang saya sering sulit tidur. Serangan panik tiba2 muncul. Sering saya punya perasaan sebentar lagi saya mati. Kalau lihat anak saya atau sedang berkumpul dengan keluarga, tiba-tiba ada perasaan mencelos di ulu hati yang sulit saya jabarkan. Perasaan bahwa saya akan kehilangan mereka dalam waktu dekat. Apakah gejala ini Dok..saya pernah baca di internet, gejala ini adalah anxiety yang gejalanya mirip dengan yang saya alami.

Mohon pencerahannya Dok..

Terima kasih.

Jawaban Dokter :

Salam sehat,

Saudari sudah cukup baik mencari di internet tentang keluhan anda. Sebelumnya mari kita mengenal gangguan cemas menyeluruh, yaitu kecemasan atau kekhawatiran berlebih yang disertai gejala fisik yang menyebabkan terganggunya aktifitas sehari-hari dan fungsi sosial. Hal ini dapat diakibatkan adanya trauma masa kecil dan perkembangan seorang individu di dalam lingkungan masyarakat, juga dapat dikarenakan ketidakseimbangan hormon di otak.

Gangguan ini dapat muncul bersamaan dengan gejala depresi dan fobia sosial. Gejala yang biasa ditimbulkan seperti sulit mengontrol kekhawatiran, cemas berlebih terhadap suatu aktifitas yang bisa bertahan selama beberapa hari sampai bulanan, perasaan cepat lelah, sulit berkonsentrasi, ketegangan otot, gangguan tidur, serta jantung berdebar.

Anda cukup cepat menyadari adanya gangguan ini dalam diri anda, sebaiknya anda segera konsultasi dengan dokter kejiwaan untuk dilakukan baik wawancara kesehatan dan kejiwaan, anda tidak perlu cemas karena terapi yang akan diberikan tentu tidak hanya bergantung pada obat namun juga psikoterapi. Dukungan keluarga dan kerabat dekat anda cukup bermakna dalam kondisi ini. Semoga bermanfaat.

Salam