Dok,

klau BAB bewarna HIjau itu kenapa ? Apa itu bertanda adanya pendarahan disaluran pencernaan ? Saya juga pernah BAB Hitam itu pendarahan dimana dok ?diusus besar saya atau di lambung saya dok ? Soalnya saya takut terkena kanker kolon dok

Jawaban Dokter :

Siang Izky,

Perdarahan di saluran pencernaan ditandai dengan adanya darah pada kotoran atau tinja yang bewarna hitam. Pada umumnya tinja yang bewarna hijau diakibatkan oleh zat pewarna makanan, suplemen atau konsumsi sayuran dalam jumlah banyak. Perjalanan makanan yang terlalu cepat didalam usus, seperti pada diare dapat berwarna hijau yang merupakan warna dari cairan empedu – maka dari itu terkadang diare bewarna hijau.

Segera kunjungi dokter bila disertai adanya nyeri perut, mual, muntah, demam, penurunan nafsu makan dan berat badan. Bila tidak ada keluhan tersebut, perhatikan makanan yang dikonsumsi dan amati warna kotoran dalam 2-3 hari kedepan. Bila tetap tidak berubah – kunjungi dokter.

BAB hitam menandakan pendarahan di saluran cerna atas. Umumnya keluhan tersebut disertai nyeri ulu hati dan rasa mual. Kanker kolon mempunyai gejala yang berbeda, antara lain: diare atau konstipasi, nafsu makan yang hilang, penurunan berat badan yang drastis, demam ringan, tinja berdarah segar, teraba benjolan di daerah perut. Periksakan diri anda ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan informasi yang lengkap. Salam sehat.

Diabetes