Dok .. saya mau bertanya, Adik saya Flu sudah lama, kurang lebih dari 1 tahun yg lalu. Flu nya kambuh jika terkena dingin / debu, ira2 penyakit apa yg di deritanya ?? sinusitis / polip ?? dan apa obatnya ?? mohon di balas .

trimakasih.

Jawaban Dokter :

Selamat malam sobat,

Karena adanya kemungkinan perbedaan pengertian dari arti/ istilah kata, saya akan coba jelaskan:

1. Influenza (secara umum disebut flu) – penyakit yang disebabkan virus influenza yang menyebabkan demam, ingusan (umumnya bening dan cair), nyeri tenggorok, nyeri kepala, nyeri sendi dan otot. Munculnya penyakit flu umumnya sangat dipengaruhi oleh perubahan cuara/ musim. Flu umumnya dapat sembuh dengan sendiri tanpa pengobatan dalam 1 – 2 minggu.

2. Sinusitis – peradangan pada rongga sinus yang dapat diakibatkan oleh infeksi, alergi, atau penyakit autoimun. Gejala utamanya adalah ingusan (umumnya kental dan berwarna), nyeri kepala, nyeri wajah, batuk, sering merasa ingus mengalir dibelakang mulut & menelan ingus.

3. Polip hidung – pertumbuhan daging di dalam rongga hidung yang umumnya muncul pada pasien yang menderita alergi hidung/ sinus yang menahun. Gejalanya utamanya adalah hidung yang tersumbat pada salah satu lubang hidung yang dirasakan terus-menerus, dan tidak bisa mengenali bau.

Bilamana gejela “flu” yang anda maksud berarti hanya beringus, dan dicetuskan oleh debu/ udara dingin; kemungkinan adik anda menderita rinitis alergi.

Biasanya anak yang menderita Rinitis Alergi ( flu karena alergi ) sering mengusap hidupnya terus-menerus dengan tangan/ benda perabotan dan meninggalan jejas merah melintang di bawah hidung.
Pengobatan utama rinitis alergi adalah menghindari pencetus (dlm kasus anda debu dan udara dingin) dan dibantu dengan obat2an yang mengandung antihistamin dan dekongestan. Mohon kunjungi dokter/ dokter spesialis THT untuk mendapatkan penjelasan dan pengobatan yang tepat.

Semoga informasi ini membantu, salam sehat