saya perempuan berusia 25 tahun sudah menikah selama 2 tahun dan belum mempunyai anak. sebelum menikah haid saya teratur namun setelah menikah haid saya makin tidak teratur dan 6 bulan terakhir haid saya hanya berupa flek-flek saja.perlu diketahui tinggi badan saya 162 cm dan berat badan saya 63 kg, 10 kg lebih gemuk daripada sebelum menikah.pertanyaan saya :
1. apakah keadaan saya normal?
2. apakah ada obat tertentu untuk mengatasi hal ini?
3. bagaimana caranya agar saya cepat mendapat keturunan ?
atas penjelasannya saya ucapkan terima kasih

Jawaban Dokter :

Dear Mba Nurul Ayda
Terima kasih banyak atas konsultasinya.
1. mba nurul, seorang anak adalah hasil perpaduan dari ayah dan ibunya. oleh karenanya, dalam mencari penyebab “belum datangnya si buah hati”, baik pria maupun wanita harus diperiksa. Memang, kita perlu waspada bilamana pasangan usia subur (usia 20-35 tahun) dengan frekuensi hubungan yang teratur belum mendapatkan anak setelah periode dua tahun atau lebih. Namun, jangan takut dulu, untuk sekarang, saran saya adalah mba dan suami pergi ke dokter kandungan. sang dokter akan melakukan beberapa tes untuk melihat kondisi ibu dan suami, apakah keduanya baik.Dari segi ibu, keadaan rahim, indung telur serta salurannya akan diperiksa,pula keadaan hormon ibu. dari suami, perlu dilihat apakah spermanya cukup, baikkah kualitasnya dsb.
2. ada beberapa obat yang dapat menstimulasi sel telur untuk dapat diproduksi lebih banyak lagi. namun, sekali lagi, faktor wanita maupun pria perlu dipertimbangkan dalam mengatasi masalah sulitnya punya keturunan.
3. Cara yang paling baik untuk ibu dan suami saat ini adalah memeriksakan diri ke dokter kandungan yang ibu percaya.
Jangan takut, jangan kuatir dan tetaplah berharap.

Salam