Malam dok,
Umur saya 27 tahun. Siklus mens saya 28 sampai 30 hri. Sebelumnya pada tanggal 24 maret 2015 kemarin saya melakukan kuret, dikarenakan janin tak berkembang. Setelah itu sampai tanggal 30 maret 2015 pendarahan sudah berhenti. Akan tetapi pada tanggal 3 april 2015 ada flek darah yang keluar. Flek darah tidak banyak, tapi saya jadi khawatir. Dan pada hari ini, 5 april 2015 flek masi ada, dan saya perut saya agak saqt. Saqtnya tidak seperti waktu mens. Tetapi agak sedikit linu.
Itu penyebabnya apa ya dok? Dari hasil resume sesudah kuret dokter spog sy mengatakan rahim saya bersih. Tapi koq darahnya masi keluar ya dok? Apa yang bisa dilakukan dok? Bagaimana agar menjaga kesehatan saya setelah pasca kuret dan mempersiapkan kehamilan saya berikutnya?
Terima kasi dok.

Jawaban Dokter :

Halo Ignatia,
Rasa nyeri dan perdarahan dapat terus berlangsung sampai beberapa hari post-kuterase. Penyebab perdarahan yang tidak berhenti atau muncul kembali adalah kuretase yang tidak bersih, atau infeksi infeksi. Sebaiknya konsultasikan diri anda kembali ke dokter spesialis kandungan untuk kepastian diagnosa dan penanganan yang tepat.