Anak saya laki2 usianya 14bln bb : 9kg. Sudah hampir 3minggu ini terkena mencret, feses nya lembek berampas. Diminggu pertama terkena diare BAB bisa sampai 5kali lebih, dan fesesnya berair. Saya periksakan diberi obat suspensi namanya neo kaolana sama elbio, tp fesesnya tak kunjung membaik sampe skrg. Meskipun frekuensi BAB nya skrg berkurang jd 2-3x. Untungnya anak saya masih doyan.makan dan polah tingkahnya juga masih aktif sprti biasa.
Saya sempat baca2 artikel ttg intoleransi laktosa, apa mungkin anak saya termasuk di dalamnya?anak saya memang sudah tidak mengkonsumsi asi sejak usianya 8bln, krn kondisi saya yg hamil lagi. Lepas dari asi saya memberi dia susu formula dan tdk ada masalah pada fesesnya.
Pertanyaan ke dua : jika benar anak saya intoleransi.laktosa, apakah semua makanan yg dia konsumsi juga harus benar2 bebas gula??
Demikian pertanyaan saya, terimakasih sebelumnya

Jawaban Dokter :

Bu, bila anak ibu sudah diare 3 minggu sebaiknya diperiksakan fesesnya ke laboratorium. Agar diketahui ada tidaknya bakteri atau ada tidaknya malabsorbsi karbohidrat. Bila ada bakteri, sebaiknya diobati dengan obat bu. Bila ada malabsorbsi karbohidrat kemungkinan intoleransi laktosa. Tetapi dengan keadaan anak ibu yang sudah diare 3 minggu, kemungkinan saat ini ada relatif intoleransi laktosa. Coba ganti dulu susunya dengan susu yang free lactose (bebas laktosa) untuk sementara. Setelah sembuh baru ganti lagi ke susu yang biasa. Bila kemudian mencret kembali juga merupakan salah satu penanda intoleransi lactose, tetapi saat ini belum dapat dikatakan intoleransi laktosa. Salah satu obat yang juga saya sarankan adalah mineral zinc bu. karena dengan diare sekian lama vili-vili usus menjadi terkikis dan menyebabkan diare berkepanjangan. minumkan zinc sesuai takaran selama 10 hari biasanya membantu. Jangan khawatir untuk minum zinc karena sebenarnya bukan obat melainkan hanya mineral.Â
Bila anak terdiagnosis intoleransi laktosa, anak tetap dapat makan gula yang lain bu. hanya susu sapi yang dengan laktosa dan semua produk yang mengandung susu sapi biasa anak tidak dapat makan.