istri saya di diagnosis fatty liver dgn tanda2 awal cirrhosis. mohon dijelaskan penyakit istri saya, penanganannya dan obat apa yg cocok utknya. terima kasih

Jawaban Dokter :

Fatty liver adalah gambaran di mana organ hati mengalami penumpukan lemak. Penumpukan lemak tersebut dapat dikarenakan kondisi tubuh yang gemuk (obesitas) dapat pula disebabkan oleh alkohol. Faktor lain yang juga berperan adalah genetik, infeksi virus, penurunan berat badan yang terlalu cepat, malnutrisi, obat. Lemak yang berlebih di dalam hati tersebut mengakibatkan terjadinya peradangan yang merusak hati sehingga timbul cirrhosis atau pengerasan hati, di mana jaringan hati yang telah rusak diganti oleh jaringan ikat yang bersifat lebih keras. Semakin banyak jaringan hati yang rusak tentunya mengakibatkan fungsi hati menurun dan mengganggu metabolisme tubuh hingga pada stadium akhir akan timbul gagal fungsi hati.

Sampai saat ini belum ada penanganan speseifik untuk fatty liver. Umumnya kita mencari terlebih dahulu penyebab dari fatty liver nya. Jika disebabkan oleh alkohol, maka harus berhenti minum alkohol. Jika disebabkan oleh diabetes maka diabetesnya harus dikendalikan. Jika kegemukan maka harus melakukan diet dan olahraga agar terjadi penurunan berat badan sekitar 0,5 kg dalam seminggu. Hal tersebut dapat dilakukan dengan mengurangi porsi makan sebanyak 1/4 porsi dan berolahraga 3-4 x seminggu selama minimal 30 menit setiap kali berolahraga. Olahraga yang dianjurkan adalah seperti jalan cepat, bersepeda.

Makanlah makanan yang sehat (sayur , buah) hindari makanan yang diolah dan digoreng, kurangi konsumsi daging merah (sapi, kambing,babi). Hindari obat-obatan atau suplemen yang tidak perlu karena akan menambah beban kerja hati serta merusaknya. Pemberian curcumin/ temulawak dapat membantu memelihara fungsi hati.

Jika kerusakan tersebut telah berat maka satu-satunya jalan adalah cangkok hati. Bagian yang rusak dibuang dan dicangkok dengan hati yang sehat. Semoga informasi ini membantu