dok, ayah saya berumur 54 tahun, dia menderita batuk lama. Setelah saya bawa berobat ke RS dan dirontgen ternyata hasilnya terkena efusi pleura dekstra, diperiksa lab BTA (-), di poli paru katanya tidak perlu diambil cairannya dan diberi obat kodein, rhinofed dan levofloxacin. Sampai di rumah saya minumkan obatnya, ternyata efeknya kok ayah saya malah sesak nafas dan nyeri di dada kanan. Saya segera bawa ke puskesmas terdekat, setelah di beri oksigen dan diuap, disuruh melanjutkan minum obat dari RS. Memang setelah itu batuk agak mereda tapi sesak nafas nya tetap dan efeknya badan ayah saya jadi panas setelah minum obat. Sekarang obatnya sudah habis, namun batuk kembali kumat lagi.

Yang ingin saya tanyakan :

1. apakah ada alternatif obat lain dok yang bisa saya beli di apotek tanpa resep??

2. badan ayah saya makin kurus, makanan apa yg boleh/tidak boleh dikonsumsi?

3. sebagai obat sementara saya belikan Allerin dan suplemen vitamin saja, namun hasilnya jg belum ada, jujur aja saya agak kesulitan biaya untuk ke RS lagi

4. kalau penyebabnya itu bisa diketahui dari mana ya? Bapak saya termasuk perokok berat waktu belum sakit, terus suka tidur di ubin kalau kepanasan, juga beliau suka pelihara unggas di belakang rumah, apa itu bisa jadi pemicu??

terima kasih mohon pencerahannya

 

Jawaban Dokter :

Sobat, Efusi pleura adalah suatu kondisi adanya cairan pada kantung yang melapisi paru (dalam hal ayah sobat di sebelah kanan), memang akan bergejala sesak nafas, tetapi yang tidak kalah penting untuk ditelusuri dari mana terjadi efusi pleura ini dan harus diobati penyebabnya.

Alternatif obat yang dapat diberikan mohon maaf saya tidak dapat meresepkan melalui media konsultasi ini karena saya tidak memeriksa langsung pasiennya, tetapi saran saya sebaiknya balik ke puskesmas ataupun rumah sakit lagi atau ke instansi kesehatan lainnya, sebaiknya saya sarankan ke dokter spesialis penyakit dalam atau dokter spesialis paru yang memang ahli di bidang tersebut. mengenai makanan saya rasa tidak ada pantangan untuk dikonsumsi biasa saja.

Efusi pleura merupakan suatu kondisi medis, harus ditelusuri penyakit yang mendasarinya apakah memang berasal dari paru-paru ataukah di luar paru, penyebab bisa beragam misalnya peradangan pada paru tersebut, kekurangan protein, penyakit jantung dan penyebab lainnya sobat. Perokok berat bisa menyebabkan gangguan dari paru tersebut dan mungkin saja jadi pemicu. Tiduran di ubin dan sebagainya sepertiya bukan sobat.

Semoga bermanfaat dan lekas sembuh sobat.