Halo Dok,

Saat ini saya berusia 33 tahun dengan berat badan 80 kg. Sejak saya berusia belasan tahun, saya sudah terbiasa bergadang, baru tidur jam 1-2 pagi ke atas, bahkan pernah tidak tidur satu hari penuh. Tapi kalau saya mau, saya bisa tidur lebih cepat (misalnya jam 10 malam). Saya merasa tubuh saya sehat-sehat saja. Namun, banyak orang yang bilang ke saya bahwa saat ini memang belum terasa, tapi bakalan terasa nanti sakitnya.

Saya mau tanya, kira-kira apa efek begadang bagi kesehatan dan sakit apa ya Dok yang dimaksud?

Terima kasih.

Jawaban Dokter :

Halo Sobat..

HIdup yang sehat adalah adanya keseimbangan antara asupan makanan, olahraga/aktivitas fisik, dan istirahat yang cukup… Nahh.. jika ada salah satu ada yang kurang/berlebihan tentunya akan muncul gangguan pada masa yang akan datang.. Tubuh membutuhkan istirahat yang cukup dimana hal ini baik utk sel-sel tubuh ”berisitirahat”… jika waktu tidurnya kurang maka akan mempengaruhi kerja si sel tersebut…. Bisa dianalogikan jika mesin dipergunakan terus menerus tanpa diistirahatkan maka kerusakan mesin dapat terjadi sewaktu-waktu….

Kurangnya istirahat dapat mempengaruhi ke sistem kekebalan tubuh, yang akhirnya mengakibatkan tubuh mudah terserang penyakit… So.. Yukk,,, beri tubuh kita waktu untuk beristirahat sekitar 6-8 jam setiap harinya… Semoga bermanfaat yah sobat…

Salam sehat.