kDo, saya pergi ke RS di bagian Bedah Digestif untuk konsultasi mengenai rasa tidak enak di perut bawah saya seperti rasa panas, rasa tidak enak. Tapi disana perut bawah saya dipencet ke bawah oleh dokter RS waktu berdiri, sewaktu dipencet saya merasakan rasa sakit yg luar biasa. Setelah pulang ke rumah, terus mandi baru saya sadari bahwa perut bawah saya telah turun dan mati rasa ( seperti syaraf ototnya telah putus ). Hingga sudah lebih dari sebulan, perut bawah saya kalo berdiri turun terus dan rasa panas yg dulu ada telah hilang ( mati rasa ).

Yg saya tanyakan, bagaimana dan dapatkah otot syaraf perut bawah saya pulih lagi seperti dulu (hidup lagi), supaya perut bawah saya bisa naik lagi seperti dulu? Kalo pakai Fisioterapi bisa ga ya untuk memancing saraf hidup lagi? Terimakasih banyak sebelumnya!

Jawaban Dokter :

Salam sehat,

Pada prinsipnya ada beberapa tipe kerusakan saraf. Bila kerusakannya hanya mengenai selubung saraf, maka kemungkinan perbaikan sempurna masih ada. Tetapi bila kerusakan sudah mengenai sel saraf, maka agak sulit mengharapkan kembali ke keadaan semula. Untuk itu perlu diteliti lebih lanjut apa yang terjadi pada anda. Rehabilitasi medik (salah satunya fisioterapi) dapat membantu merangsang saraf yang mengalami kerusakan.

Semoga bisa membantu.