ayah saya menderita stroke sejak 6 bulan terakhir
kami sekeluarga tidak mengetahui asupan makanan yang baik untuk kesehatan ayah saya
makanan apa yang harus disediakan dan dihindari bagi penderita stroke ?

ibu saya sering mengeluh kesemutan apabila bersentuhan dengan air dimalam hari
apa yang harus dihindari oleh ibu saya agar penyakit nya tidak bertambah parah . terima kasih

Jawaban Dokter :

Salam sehat,

Penyakit stroke disebabkan karena adanya gangguan pembuluh darah. Faktor resiko terjadinya stroke yaitu tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol, kadar kolesterol yang meningkat, diabetes melitus, merokok. Oleh karena itu diperlukan diet yang mengontrol dan mencegah timbulnya faktor resiko.

Pertama, kontrol tekanan darah dengan membatasi asupan sodium/natrium yang terkandung dalam garam, makanan kaleng, makanan yang diawetkan. Menurut American Heart Association, batas asupan sodium total 1500 mg/hari dapat membantu menjaga tekanan darah Anda. Mulailah untuk mengkonsumsi makanan yang masih segar tanpa bahan pengawet.

Kedua, hindari asupan lemak jahat yang mengandung “trans fat” dan “saturated fats” yang terdapat pada daging berlemak, susu jenis “whole milk”, mentega, makanan yang digoreng dengan minyak terhidrogenase,dll.Lemak jenis ini akan meningkatkan LDL Anda. Mulailah konsumsi lemak baik dengan kandungan “monounsaturated fat” dan “polyunsaturated fat” yang terdapat pada makanan dengan dasar kacang kedelai, margarin, minyak jagung, minyak zaitun, dll. Kurangi pengolahan makanan yang digoreng dengan minyak terhidrogenase, ubahlah dengan pengolahan makanan dengan direbus, ditim, atau dipanggang/dibakar. Pemilihan protein hewani yang berwarna putih seperti ikan-ikanan, seperti ikan tuna, salmon yang mengandung omega 3 baik untuk menurunkan kolesterol Anda, kemudian daging ayam tanpa kulit.

Ketiga, konsumsi buah-buahan segar dan sayur-sayuran yang mengandung banyak fiber, vitamin. Kemudian, konsumsi bahan makanan yang mengandung “whole grain” seperti beras merah, bekatul, gandum, yang telah terbukti menurunkan LDL dan mencegah pembentukan plak pada dinding pembuluh darah arteri yang menyebabkan penyempitan pembuluh darah.

Keluhan kesemutan dapat menjadi gejala dari beberapa penyakit seperti peradangan sendi (arthritis), gangguan metabolisme (asam urat, diabetes, kolesterol,dsb), dan adanya trauma. Apabila keluhan sangat mengganggu maka disarankan untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter penyakit dalam.

Semoga informasi dari kami dapat membantu.

Diabetes