Tolong jelaskan ttg hipoglisemia.

Dokter mendiagnosa saya hipoglisemia dr gejala yg saya alami (blm tes gula darah), meski saya bukan pnderita DM, saya jg ga knsumsi alkohol. Makan trlalu sdikit saya rasa tidak juga.

Jawaban Dokter :

Selamat siang sobat,

Hipoglikemia adalah sebuah kondisi dimana kandungan darah (glukosa) didalam darah terlalu sedikit sehingga menimbulkan gejala. Umumnya kadar glukosa dibawah 50 mg/dL baru menimbulkan gejala seperti: rasa lapar, gemetar, lemas, keringat dingin, kulit terasa dingin sampai menuju gejala yang lebih parah seperti nyeri kepala hebat, kebingungan, penglihatan kabur, sampai hilangnya kesadaran.

Kondisi hipoglisemia hanya baru bisa dipastikan bilamana kadar gula darah sudah dicek; dengan alat tes gula portable atau dicek di laboratorium menggunakan sampel darah. Bila selama ini belum dilakukan pengetasan kadar gula, anda belum bisa dipastikan menderita kondisi tsb.

Penyebab tersering hipoglisemia ada komplikasi dari :
– pengobatan anti-diabetes (obat minum atau insulin suntik), terbatas pada pasien yang mendapat pengobatan tersebut.
– Puasa berkepanjangan juga dapat menyebabkan hipoglisemia, namun hal ini cukup ekstrim untuk sampai bisa terjadi pada orang dewasa – hal ini dapat langsung diatasi dengan konsumi gula dan makan yang cukup.
– Adapula penyebab hipoglisemia yang umumnya lebih sering diderita orang tua seperti tumor pada pankreas atau kelainan metabolisme lainnya – sehingga terjadi produksi insulin berlebihan (insulin adalah hormon yang mengurangi kadar gula dalam darah).

Saran saya adalah untuk tetap konsultasi ke dokter/ dokter spesialis ilmu penyakit dalam, dengan anjuran untuk dilakukan mengecekkan nilai laboratorium yang sesuai.

Semoga informasi ini membantu, salam sehat.

Diabetes