Dok, saya ingin bertanya tentang diabetes kering…

Yang saya tahu, diabetes ada yang dibilang diabetes kering dan diabetes basah.. Apakah benar seperti itu? Lalu apakah benar penderita diabetes kering bisa pindah ke diabetes basah..?

Mohon penjelasannya.. terima kasih..

Jawaban Dokter :

Sobat..

Pengertian diabetes kering dan diabetes basah itu hanya digunakan oleh masyarakat awam. Tenaga kesehatan atau dokter hanya mengenal diabetes atau kencing manis sebagai diabetes saja, tidak ada pembagian basah atau kering. Mungkin yang Sobat maksudkan itu adalah salah satu komplikasi diabetes yang bisa menyebabkan luka yang tidak kunjung sembuh.

Pada pasien diabetes, oleh karena adanya ketidaklancaran dari peredaran pembuluh darah plus gangguan pada sistem persarafan perifer akan menyebabkan bagian ujung dari tubuh mudah terjadi luka. Luka ini bila tidak diatasi termasuk kontrol terhadap gula darah bisa kemudian terinfeksi. Proses infeksi pada pasien diabetes terutama pada bagian ujung tubuh misalnya kaki, akan memakan waktu yang lebih lama untuk sembuh. Luka yang tidak kunjung sembuh ini bila tidak ditangani dengan baik maka luka yang awalnya kering dan kecil bisa terinfeksi lebih luas sehingga menyebabkan luka menjadi bernanah dan jaringan sekitar luka membusuk. Proses inilah yang seringkali disalahkaprahkan oleh awam menjadi diabetes kering dan diabetes basah. Pada intinya perawatan luka dan kontrol gula darah adalah penting untuk pasien diabetes untuk mencegah komplikasi yang lebih lanjut, yaitu terjadinya pembusukan jaringan (gangren). Pembusukan yang parah bisa sampai menyebabkan dilakukannya amputasi bagian tubuh tersebut.

Info lebih lanjut, silakan dibaca di:

– Feet Disorder in Diabetic Patients

– Gangguan pada Kaki untuk Penderita Kencing Manis

– Neuropatik Diabetes

– Hidup Bersahabat dengan Diabetes

Semoga membantu =]

Diabetes