Selamat Siang, Dokter.
Saya mau menanyakan masalah yg di derita kakak ipar saya di Malang.
Dia Perempuan 33 thn, sejak anaknya yg ke-2 lahir 7 bulan lalu,berat badannya 60kg skrg turun mjd 45 kg.
pertama turun 5 kg, 3kg, 2kg, 3kg, 2kg.
wkt persalinan darahnya tinggi dokter. alhmd, bisa melahirkan normal.tp terakhir tensi 2 mei kmrn tensinya 170/100. lebih sering haus, tp BAK tdk sering. nafas ngos – ngosan. mata jg tdk kabur, tdk diare, tdk ada darah wkt BAB. Makan spt biasa 3 kali sehari, cmn porsinya lebih sedikit.
Apakah kakak begitu krn msh dlm proses pemulihan sehabis melahirkan?
apa jg karena darah tinggi bisa menyebabkan BB turun drastis.
atau DEPRESI bisa buat BB turun sebegitu banyak, dokter ?
Mohon penjelasannya. Dan saya mohon jawaban di kirim lewat email saya ya, dokter. Sebelumnya saya mengucapkan banyak terima kasih.

Jawaban Dokter :

Salam sehat,

Ada baiknya kondisi kakak ipar anda diperiksakan ke dokter untuk full check up. Penyebab berat badan turun sangat banyak, mulai dari infeksi seperti flek paru (tuberkulosis), masalah organ pencernaan, keganasan, sampai psikologis.

Memang ada kondisi yang disebut post-partum depression, atau depresi setelah melahirkan. Kondisi depresi memang bisa membuat berat badan turun banyak. Gejalanya berupa kesedihan, lelah, perubahan di pola makan dan tidur, berkurangnya libido, kadang menangis, merasa cemas, atau mudah emosional. Gejala ini biasa dimulai sekitar 2 minggu setelah melahirkan, dan dapat bertahan bulanan sampai setahun.

Penyebabnya belum diketahui, tapi pencetusnya dapat karena: riwayat depresi sebelumnya, tidak menyusui ASI, merokok, kurangnya percaya diri, stress merawat anak, stress kehidupan, kurangnya dukungan sosial, perkawinan yang buruk, status sosioekonomi yang rendah, sampai kehamilan yang tidak diinginkan.

Kondisi post partum depression ini perlu dikonsultasikan ke psikiatri untuk mendapatkan terapi rutin.

Semoga membantu,
Terimakasih.