Saya mengalami denging di telinga kiri setelah 3 hari sebelumnya saya berenang dan terkena pilek berat sehingga malam hari telinga tsb sakit dan bergemuruh yang pada akhirnya mengeluarkan cairan. Setelah dicek dr THT saya disarankan untuk operasi sinus sebagai penyebab mayor masalah tsb, bukannya mengobati keluhan akut di telinga tsb. Gendang telinga saya dinyatakan sobek agak besar katanya. Akhirnya saya mencari second opinion ke dr THT lain. Setelah diperiksa, gendang telinga dinyatakan sobek 1m (kecil) dan moga2 bisa kembali normal. Beliau memfokuskan pada keluhan akut tersebut yaitu dgn memberikan obat tetes telinga “Tarivid” 3 x [email protected] tetes, antibiotik Elvacin 500 1 x sehari, obat batuk Paratusin dan obat penghilang lendir/ingus yang masih saya minum s/d hari ini (sudah jalan 4 hari dari 5 hari minum obat). Kondisi sekarang denging telinga masih belum hilang.

Kira2 upaya apa lagi yang harus saya lakukan dokter, berhubung sangat mengganggu konsentrasi dan mengurangi pendengaran saya. Terima kasih dok atas bantuannya.

Jawaban Dokter :

salam sehat,
memang butuh waktu bagi telinga untuk membersihkan cairan yang menumpuk di telinga. tapi rasa berdenging yang anda rasakan lebih karena gendang telinga yang robek tersebut. adanya lubang tersebut membuat udara dapat mengalir bebas ke dalam telinga akibatnya timbul rasa berdenging. selain itu gendang telinga berfungsi sebagai penguat bunyi (amplifier) karena itu kalau robek maka pendengaran akan terganggu tergantung besarnya robekan.
biasanya bila lubangnya kecil maka bisa menutup sendiri dalam 1 bulan, jadi check up lah kembali ke dokter THT satu bulan lagi untuk memastikan. bila tidak menutup maka harus dilakukan operasi penutupan agar berdenging berkurang.
bila anda memiliki sinusitis maka memang hal ini harus diobati karena ini bisa menjadi sumber infeksi di telinga. jadi hal ini bisa berulang lagi.
semoga membantu.