Siang Dokter.

Saya mempunyai seorang anak perempuan, usia 4 tahun 9 bulan, berat badan saat ini 13,2 kg dengan tinggi badan 98 cm. Anak saya akhir-akhir ini suka mengeluh pegal-pegal pada salah satu kaki, betis atau paha (terutama di malam hari menjelang tidur, dan pernah sekali di tengah malam). Aktivitas fisiknya memang kadang ada seperti jalan kaki, tapi lebih sering hanya di rumah saja dengan aktivitas yang tidak seberapa.

Selain itu pernah juga dia mengeluh pegal pada jari-jarinya, padahal tidak ada bengkak atau merah apapun. Dia juga ada mengeluh gatal-gatal terutama di daerah punggung dan ketiak, biasanya menjelang mau tidur. tapi itu pun tanpa tanda apapun di kulitnya.

 

Pertanyaan saya :

1. Apakah mungkin anak saya menderita demam rematik pada anak?

2. Bagaimana dengan gatal-gatalnya? Apakah itu gejala penyakit tertentu?

Jawaban Dokter :

Sobat,

demam rematik akut biasanya ditandai dengan demam yang tidak melebihi 39 derjat celcius dan nyeri sendi yang timbul 2-3 minggu setelah infeksi. demam dapat terjadi berkali-kali ditandai dengan lemas, penurunan berat badan. nyeri sendi diikuti dengan tanda panas, bengkak, nyeri tekan dan keterbatasan gerak.

masalah gatal-gatal dapat disebabkan berbagai macam hal, bisa karena alergi, infeksi jamur, parasit, dll. tentu harus dilihat terlebih dahulu gambaran pada kulitnya.

Saran saya coba bawa anak Sobat untuk diperiksa langsung oleh dokter. Semoga membantu.

Diabetes