Selamat pagi Dok. Saya may bertanya tentang demam pada anak saya dan sakit telinga. Anak saya usia 4 tahun panas 38,4 c dan terkadang demam mengigil, sulit makan, keluhkan tenggorokan sakit, pegal-pegal karena badan tidak enak dan telinganya sakit. Sudah berobat ke bidan tapi masih blm ada perubahan. Bagaimana saran dokter?

 

Jawaban Dokter :

Selamat Pagi, biasanya anak dengan keluhan seperti itu kemungkinan menderita infeksi rongga telinga bagian tengah. Infeksi sering diawali oleh infeksi saluran napas atas seperti flu, nyeri tenggorokan. Pada anak, saluran penghubung antara rongga telinga bagian tengah dan rongga mulut (Tuba Eustachius)lebih pendek dari dewasa dan saat terjadi infeksi saluran napas atas, saluran ini tersumbat sehingga kuman dapat masuk dan menginfeksi rongga telinga bagian tengah ini.

Infeksi ini jika tidak tertangani dengan baik, akan menyebabkan terjadinya pengumpulan cairan nanah di rongga telinga bagian tengah, yang membuat telinga anak terasa sakit, demam tinggi dan gelisah. Jika cairan tersebut terkumpul cukup banyak dan menekan gendang telinga, gendang telinga dapat robek dan keluarlah cairan dari telinga yang disebut oleh orang awam sebagai “congekan”. Setelah cairan ini keluar, biasanya suhu anak akan menurun, rasa sakit berkurang dan anak menjadi lebih tenang. Namun, tentu saja, pengobatan harus kita lakukan sesegera mungkin untuk mencegah terjadi kerusakan pada gendang telinga yang ditandai dengan keluarnya cairan tersebut.

Jika gendang telinga telah robek dan cairan nanah tersebut telah keluar, terdapat dua kemungkinan. Jika daya tahan anak cukup baik dan kuman yang menginfeksi tidak kuat, maka perlahan-lahan cairan tersebut akan berkurang dan mengering, gendang telinga dapat pulih kembali. Sebaliknya, jika daya tahan tubuh anak kurang atau kumannya cukup kuat, maka cairan nanah tersebut akan terus keluar dan gendang telinga tidak dapat pulih.

Saran kami, sebaiknya anak Bapak diperiksa ke dokter untuk dilihat lebih lanjut. Pemeriksaan secara umum dan telinga pada khususnya dapat menentukan apakah memang telah terjadi infeksi rongga telinga tengah atau hanya infeksi liang telinga. Pengobatannya pun tergantung pada stadium penyakitnya. Jika gendang telinga masih utuh, diberikan antibiotika golongan penisilin dan obat penghilang nyeri, penurun panas. Namun jika gendang telinga telah robek , selain obat-obatan juga diberikan obat cuci telinga. Obat-obat ini termasuk obat golongan keras yang harus diresepkan oleh dokter, jadi sebaiknya bapak tidak membelinya sendiri di apotek, tapi berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Semoga membantu.