Mau tanya tentang demam pada anak. Anak saya berumur 5 tahun, berat badan 33 kg, sudah panas 12 hari. Sudah periksa darah, hasilnya semua normal kecuali leukosit 15.400. Apa yang harus saya lakukan agar demam pada anak saya ini bisa sembuh?

Jawaban Dokter :

Panas 12 hari dengan disertai hasil laboratorium yang menunjukkan peningkatan leukosit, kemungkinan besar mengarah pada infeksi. Ada beberapa penyakit infeksi yang bisa memiliki ciri demam yang panjang seperti demam typhoid (tifes) , malaria , infeksi telinga tengah, infeksi saluran kemih, infeksi kulit, tuberkulosis, sinusitis. Masing-masing dari penyakit tersebut memiliki gejala penyerta lainnya.

Tifes biasa disertai gejala saluran cerna (muntah, diare atau sembelit). Malaria memiliki siklus menggigil yang dilanjutkan demam tinggi beberapa jam lalu demam menghilang disertai keringat sangat banyak.

Gejala Infeksi telinga tengah bisa berupa nyeri telinga, keluar cairan dari telinga.
Infeksi saluran kemih dapat memiliki gejala seperti panas saat berkemih, rasa berpasir saat berkemih, jumlah berkemih meningkat (lebih sering buang air kecil) tapi dapat pula tidak memiliki gejala pada saluran kemih.

Infeksi kulit dapat ditandai dengan adanya kemerahan pada bagian kulit tertentu, nyeri, bernanah
Tuberkulosis biasa ditemui batuk berdahak yang berkepanjangan, keringat malam, penurunan berat badan,nafsu makan menurun.

Pada sinusitis didapat rasa penuh pada bagian sinus wajah (pipi depan , dahi), nyeri tekan, hidung tersumbat.

Jadi sebaiknya anak Bapak,Ibu dibawa ke dokter untuk diperiksa lebih lanjut melalui wawancara (anamnesa), pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang lanjutan jika diperlukan. Setelah penyebab infeksi ditemukan, barulah kita dapat memberikan terapi yang sesuai.
Semoga lekas sembuh