Anak saya umur 4,5 bulan tadi malam diimunisasi menggunakan Pediacel, ini imunisasinya yang kedua menggunakan Pediacel.

Imunisasi yang pertama di DSA RS besar, imunisasi pertama ini tidak menimbulkan efek demam dan atau rewel. Karena besarnya biaya imunisasi di RS tersebut, akhirnya saya dan suami mengambil keputusan untuk imunisasi yang kedua di klinik dekat rumah namun tetap menggunakan Pediacel.

Imunisasi yang kedua kali ini berefek lain terhadap anak saya. 2 jam setelah diimunisasi, anak saya demam dan rewel, selama 4,5 jam tidak mau minum asi (sejak terakhir minum asi sebelum diimunisasi), demamnya tadi malam mencapai 38,3, gerakannya tidak lagi aktif terutama kaki. Jika bangun dari tidur akan menangis keras dan semakin keras apabila digendong.

Apa efek samping dari imunisasi menggunakan Pediacel yang kedua memang seperti ini ? Padahal imunisasinya yang pertama tidak ada efek sampingnya sama sekali.
Terima kasih.

Jawaban Dokter :

Malam ibu. Anda berarti mengimunisasi anak dengan Dpt Hib combo, vaksin keluaran produsen Sanofi. Memang setiap pemberian vaksinansi ada efek samping. Tidak setiap anak sama, bahkan tidak setiap suntikan menunjukkan efek yang sama. Memang betul informasi produk dari produsen sendiri mengatakan efek samping yang mungkin timbul adalah demam, berkurang nafsu makan, anak jadi lemas, dan kemerahan sekitar tempat suntikan. Efek samping ini masih bisa dikatakan normal bila hilang sendiri dalam beberapa hari. Namun, sebagai orang tua harua tetap waspada dan mengusahakan kenyamanan anak. Tetap tawarkan asi eksklusif, tetap beri obat demam seperlunya, dan bila muncul efek samping lainnya, atau makin parah disertai diare, segera periksakan ke dokter anak.