Sudah 3 bln terakhir ini setiap datang bulan, darah haid yang keluar tidak seperti biasa. Keluar berupa gumpalan2, mulai dr kecil sampai seukuran jari tangan.Rasanya di perut juga mules banget. sebelum haid ada keputihan, dan saat keputihan perut bagian bawah juga rasanya sakit.
Dulu saat haid, saya tidak pernah keluar gumpalan yang besar2, hanya kecil2 saja. Jujur saya takut dengan yang sekarang dok..
Kira-kira penyebabnya apa ya dok? Apa karena di picu stres? Solusi untuk saya apa ya Dok? Saya takut kalau terjadi kanker rahim.

Jawaban Dokter :

Salam sehat

Sebenarnya darah haid bukanlah darah encer tapi lapisan endometrium yang melepas makanya bisa keluar berupa cairan hingga menggumpal dengan berbagai ukuran tergantung tebalnya lapisan endometrium yang meluruh.

Jadi kondisi anda masih normal dan mungkin akibat dorongan stres makanya menjadi bergumpal akibat terlalu tebal. Rasa nyeri muncul karena untuk meluruhkan lapisan endometrium yang tebal dibutuhkan kontraksi otot rahim yang lebih kuat makanya timbul nyeri haid.

Keputihan sebelum dan sesudah menstruasi adalah hal yang normal jadi tak ada masalah.

Bila perlu konsultasi saja langsung pada dokter spesialis kandungan untuk pastinya.

Semoga membantu