Saya seorang wanita berusia 18 tahun dan mengalami obesitas.
Baru-baru ini saya sering mengalami nyeri di dada bagian tengah, nyeri tersebut akan terasa sangat dahsyat dan menjalar ke punggung bila saya bangun setelah bertelungkup. Nyeri di dada tersebut juga akan sangat terasa bila saya menekan dada bagian tengah saya.

Selain itu, sewaktu saya sedang beraktifitas terutama aktifitas berat seperti berolahraga, lari, melompat, bahkan sewatu berbelanja di mall, pandangan saya tiba-tiba terasa berputar-putar, lemas, gemetaran, dan berkeringat dingin, seperti ingin pingsan namun hanya berlangsung selama 5-10 menit setelah itu kembali normal.

Apa yang sebenarnya saya derita? Apakah ini merupakan gejala penyakit jantung seperti yang saya baca di beberapa sumber? Bila iya, bisakah anda jelaskan detail tentang penyakit jantung tersebut? Terima kasih.

Jawaban Dokter :

salam sehat,
obesitas yang anda miliki memang bisa menjadi salah satu faktor timbulnya penyakit jantung pada anda, tetapi menilik usia anda yang masih muda, rasanya kecil kemungkinannya. obesitas juga merupakan beban tersendiri bagi tubuh terutama saat beraktivitas, tubuh memerlukan lebih banyak energi yang artinya membutuhkan banyak oksigen makanya kadang timbul nyeri bahkan sesak nafas karena otot dada harus bekerja ekstra mengambil oksigen.
sebaiknya anda memeriksakan diri langsung ke dokter spesialis penyakit dalam, karena dalam memutuskan anda menderita penyakit jantung atau tidak, dibutuhkan pemeriksaan lengkap dari riwayat penyakit, pemeriksaan fisik hingga pemeriksaan penunjang seperti rekam jantung (EKG) dll.
semoga membantu