Malam Dok, Begini dada saya sering sesak. Ketika saya sedang makan tiba tiba dada saya sesak, lalu ketika saya sedang beraktivitas seperti biasanya pun dada saya juga sesak tanpa sebab. Sehingga mengakibatkan saya sulit bernapas bahkan merasa lemas. Ini tidak berkaitan dengan penyakit jantung kan, dok? Saya maupun keluarga saya tidak memiliki riwayat penyakit jantung apapun.
Saya ingin tahu apa ada yang salah dengan dada saya atau tidak
Begitu saja, terima kasih dok, maaf mengganggu

Jawaban Dokter :

Halo sobat,
Sesak, nyeri atau rasa tidak nyaman di daerah dada maupun perut bagian atas atas dapat disebabkan oleh berbagai macam penyakit yang mengganggu sistem jantung-pembuluh darah, pernafasan atau saluran pencernaan atas. Untuk diagnosa dan penanganan yang tepat, sobat perlu memeriksakan diri ke dokter. Selain wawancara dan pemeriksaan fisik, dokter mgkn akan meminta pemeriksaan penunjuang lain seperti rontgen atau rekam jantung untuk membantu diagnosa.
Gangguan pada sistem pernafasan umumnya disertai keluhan batuk, demam, ada riwayat paparan asap rokok atau polusi udara yang berkepanjangan. Sesak akibat penyakit jantung umumnya memberat dengan akitivitas fisik dan membaik dengan istirahat. Maag, mual, rasa kembung menandakan adanya gangguan saluran pencernaan, terutama pada seseorang yang mempunyai pola makan yang tidak teratur. Semoga informasi ini membantu, salam sehat.