Dok, saya sudah mencoba berbagai cara menghilangkan jerawat, namun belum berhasil. Saya mau bertanya makanan apa saja sih yang harus saya hindari agar tidak timbul jerawat? Mohon penjelasannya ya dok, karena jerawat saya banyak dan sulit hilang dok saya kira pasti ada cara menghilangkan jerawat dengan makanan. Soalnya saya juga doyan makan, jadinya bingung nih kalau makan. Pengennya sih makan yang makanan bisa jadi cara menghilangkan jerawat gt.

Jawaban Dokter :

Dear sobat,

Terima kasih atas pertanyaannya tentang cara menghilangkan jerawat, namun perlu diingat bahwa jerawat (akne) disebabkan oleh berbagai faktor, faktor genetik (turunan), hormon, kebersihan, penggunaan kosmetik, dan lain-lain. Makanan hanyalah salah satu faktor yang mempengaruhi, sehingga tentunya untuk mengatasi jerawat bukanlah hanya dengan menghindari makanan tertentu saja. Mengenai hubungan makanan dan jerawat sebenarnya sampai saat ini penelitian-penelitian yang dilakukan masih sangat sedikit dan dalam skala kecil sehingga belum bisa diambil suatu kesimpulan.

Namun, berdasarkan penelitian-penelitian yang sudah dilakukan ada beberapa bentuk makanan yang paling dikaitkan dengan jerawat:

1. Produk susu: tiga studi besar berhasil menemukan hubungan antara konsumsi susu dengan timbulnya jerawat.
Diperkirakan bahwa kandungan hormon di dalam susu (bukan kandungan lemaknya) dapat mempengaruhi kelenjar minyak (kelenjar yang memproduksi minyak di kulit yang apabila tersumbat akan menyebabkan timbulnya jerawat).

2. Makanan dengan indeks glikemik tinggi dapat meningkatkan kadar insulin di dalam serum sehingga menstimulasi proliferasi kelenjar minyak dan produksinya.

3. Rasio asam lemak ω-6 : ω-3 yang semakin tinggi akan meingkatkan risiko timbulnya jerawat karena asam lemak ω-6 adalah prekursor mediator proinflamasi.

4. Sampai saat ini, belum ada penelitian yang berhasil mengkaitkan hubungan antara konsumsi coklat ataupun garam dengan jerawat, padahal mitos mengenai kedua bentuk makanan tersebut cukup sering terdengar di masyarakat.

Namun sekali lagi perlu diperhatikan bahwa studi-studi yang dilakukan tersebut hanya dalam skala kecil sehingga hasil yang didapatkan tidak bisa diterapkan pada semua individu. Akan tidak tepat apabila kita langsung melakukan restriksi atau penghindaran makanan tertentu hanya untuk mencegah munculnya jerawat.
Demikian jawabannya semoga membantu ya sobat, salam sehat