dok, mau tanya..

sekitar 7 bulan yang lalu saya terkena abses ( bisul ) tetapi tidak bermata seperti bisul pada umumnya, setelah hampir 3 bulanan sejak timbul benjolan tersebut, barulah bisul saya memerah dan muncul mata bisul. kemudian saya mendatangi dokter bedah dengan maksud untuk dilakukan bedah ringan, namun setelah berkonsultasi katanya tidak dibedah hari itu, tetapi saya harus minum obat supaya kempes dulu katanya. alhamdulilah 2 hari setelah minum obat , bisul saya pecah sendiri , kemudian saya datang ke dokter bedah tersebut, kata dokter bedah tersebut tidak usah dilakukan bedah, karena bisul saya sudah pecah.

saya diberikan obat dan pencuci luka, saya masih merasakan ada kotoran ( nanah dan lemak seperti komedo) yang masih keluar kalo saya pencet / pijit, tetapi saya tetap berpikir positif. tetapi minggu berganti minggu, bulan berganti bulan, bekas luka keluar nanah (kotoran) dari bisul tersebut belum kering juga. karena penasaran saya ganti dokter lain sampai 6 kali, tapi tetap sampai sekarang bekas bisul saya belum kering juga dok. oh ya kata dokter yang kedua katanya disuruh tes kadar gula darah, takutnya belum keringnya bekas bisul itu karena diabetes, setelah di cek, ternyata kadar gula saya normal dan tidak diabetes. oleh dokter yang ketiga, saya disuruh rontgen Thorax, cek dahak, cek darah karena ditakutkan akibat TBC kelenjar soalnya bisulnya di dada, alhamdulilah hasilnya negativ. dan kata dokter tersebut belum keringnya bekas bisul tersebut mungkin hanya infeksi saja.

tetapi sampai hari ini bekas bisul tidak kunjung sembuh, basah terus, keluar cairan kehijauan. menurut dokter saya harus bagimana? terimakasih dok atas waktunya. salam.

Jawaban Dokter :

sobat. kalau begitu yang harus anda lakukan sebaiknya sekarang diteruskan dahulu pengobatan yang ada. antibiotik, dan komponen pencuci luka, sebaiknya bila ada, ditutupi perban dua kali sehari perban diganti dan luka dicuci. saat mencuci luka bersihkan semua nanah yang masih menempel pada bisul. karena pecah sendiri jadi luka pada bisul yang tidak beraturan memang memperlambat penyembuhan. perhatikan juga apabila anda punya alergi terhadap makanan tertentu, karena bila tak sengaja makan dan muncul reaksi alergi akan membuat luka basah dan memperlambat penyembuhan.

semoga lekas sembuh