saya mempunyai seorang kakak laki-laki umur 22th, belakangan ini dia pernah muntah darah yang diawali dengan batuk-batuk terlebih dahulu. biasanya sehabis bangun tidur pada pagi hari. sudah pernah dibawa ke dokter dan di rongent katanya ada flek di paru2 dan terinfeksi kuman Tuberkulosis . yang ingin saya tanyakan apakah kakak saya dapat sembuh dan tidak muntah darah lagi? karena saya takut sekali kakak saya kenapa2.. dan apa saja yang harus dikonsumsi oleh kakak saya untuk membantu proses penyembuhan ?
terimakasih.

 

Jawaban Dokter :

salam sehat,
Bila kakak anda telah didiagnosa menderita Tuberkulosis , maka sangatlah penting untuk memulai pengobatan Tuberkulosis paru.

Pengobatan ini akan berlangsung dalam 6 bulan dan tidak boleh berhenti sehari pun untuk menjamin kesembuhan pasien. Bila pengobatan dilakukan dengan tepat maka kesembuhan dapat terjamin hampir 100%.

Selain itu orang yang tinggal serumah dengan penderita atau sering kontak langsung dengan penderita harus diperiksa juga, agar bisa diketahui tertular atau tidak sehingga dapat diobati bersama-sama. jadi tidak saling menularkan.

Untuk konsumsi, yang terpenting adalah kakak anda makan makanan yang bergizi, tidak ada pantangan apapun untuk penderita Tuberkulosis paru.

Untuk informasi lengkapnya anda dapat membaca artikel kami mengenai Tuberkulosis paru di http://www.tanyadokteranda.com/artikel/2007/07/tbc-paru-penyebab-kematian-ke-2-di-indonesia dan pengobatan Tuberkulosis di http://www.tanyadokteranda.com/artikel/2007/01/tuberkulosis-paru-harus-selalu-diwaspadai

Tanya jawab mengenai fakta-fakta penyakit TBC ini bisa dibaca di Tanya Jawab TBC dan Tanya Jawab MDR-TB

Semoga berguna.