Dok, bagaimana solusi pertanyaan saya, mengenai bintik putih di tekukan kepala penis, di dekat frenulum, bintik tersebut seperti butiran pasir, tidak gatal, tidak sakit, dan tidak membesar. Sebagai informasi saya sudah sunat 6 thn lalu, saat berusia 25 th. Dan baru tau bintik tersebut setelah di sunat.

Jawaban Dokter :

Sore sobat,

Bilamana deskripsi dari bintik pada kepala penis sesuai dengan deskripsi anda – bintil putih kecil yang menonjol, berjumlah banyak yang letaknya hanya pada lekukan kepala penis, tidak gatal, nyeri, menyebar atau membesar; kemungkinan anda mengalami sebuah kondisi yang namanya “hirsuties coronae glandis” atau dikenal dalam bahasa inggris dengan “pearly penile papules” (PPP). Jangan khawatir, karena ini adalah variasi tubuh normal. Dan jangan kaget kalau tidak sedikit pria lain yang mengalami kondisi ini.
PPP tidak berbahaya, tidak menular, tidak menyebabkan penyakit lain dan sampai saat ini tidak dihubungkan dengan kelainan tubuh lainnya. Salah kerugian dai kondisi ini mungkin hanya terbatas pada segi estetik – tidak enak dilihat/ terlihat “penyakitan”.

Janganlah sobat mencoba untuk mengeluarkan/ mencabut bintil2 tersebut secara mandiri karena bisa berakibat yang lebih buruk.

Konsultasilah kepada dokter/ dokter spesialis kulit untuk memastikan diagnosa anda dan untuk mendapatkan perawatan yang sesuai. Semoga informasi ini membantu, salam sehat.