Selamat sore dok,

Saya mau tanya, anak saya dari lahir sudah memakai susu formula enfamil HA dikarenakan jumlah asi saya sedikit. Sebelum memakai enfamil HA anak saya memakai enfamil biasa, ternyata timbul bintik-bintik merah, dan oleh dokter saya dianjurkan untuk menggunakan enfamil HA. Setelah itu bintik merahnya berkurang dan hanya kadang-kadang saja munculnya.

Sekarang anak saya sudah 10 bulan, saya coba utk mengganti susunya dengan nutrilon royal, peralihan dari enfamil HA ke nutrilon saya lakukan bertahap. Anak saya minum susu sehari 3 botol, utk masa transisi susu ini saya kasih 2 botol susu enfamil dan utk susu nutrilonnya 1 botol. Setelah seminggu perbandingannya saya balik menjadi 2 botol nutrilon dan 1 botol enfamil HA. Setelah perbandingan susu saya balik timbul bintik2 merah di punggung, tp setelah dikasih bedak salicyl agak menghilang, tetapi blm hilang semuanya. Yang mau saya tanya, alergi susukah anak saya? Terima kasih.

Jawaban Dokter :

Dear parents,

Bila melihat gejala yang anda sebutkan, sangat mungkin si kecil mengalami alergi susu sapi, tetapi selain faktor susu, cobalah anda melakukan eliminasi diet semua produk yg mengandung sapi, seperti coklat dan keju.

Eliminasi (penghilangan) diet yg mengandung sapi tersebut dapat dilakukan selama 6 bulan lagi, sebelum anda kembali mencoba melakukan challange dengan produk sapi.

Tentunya harus dipastikan juga tidak terdapat alergi yang lain pada si kecil, karena gejalanya dapat tumpang tindih

Semoga membantu