Dok,

Aku baru aja nikah 2bln yang lalu..sekitar 3mgg setelah nikah ditinggal dinas suami keluar kota. Siklus haid saya 28hr dan ketika 3hr sebelum “M” saya berhubungan dengan suami, kondisi suami belum berhubungan ato mengeluarkan sperma dari terakhir saya “M”.

Nah pertanyaannya, sampai dengan sekarang (8hr) saya kok blm “M” juga ya berarti dah telat 5hr…apakah berhubungan dimasa tidak subur bisa bikin hamil juga ya dok..?suami saya blm saya ksh tau tkt ga jd soalnya.

help dok..

Jawaban Dokter :

Terima kasih atas pertanyaan kamu.
Mengenai kehamilan, ada beberapa hal yang ingin saya luruskan…
1. Siklus normal panjangnya antara 20 – 35 hari. Sehingga bisa saja siklus terakhir ini memanjang, sehingga kebetulan anda berhubungan pada masa subur Anda. Atau… bisa saja Anda tidak hamil, dan siklus Anda sedang memanjang sehingga saat ini Anda belum datang bulan.
2. Salah satu tanda tidak pasti dari kehamilan memang adalah telat datang bulan. Tetapi ini belum memastikan ada tidaknya kehamilan. Untuk memastikannya Anda dapat melakukan tes kehamilan (tes pack) atau datang ke dokter. Terlihatnya kantong embrio di dalam rahim merupakan tanda pasti kehamilan.
Jangan terburu-buru mengatakan Anda hamil hanya dari terlambat datang bulan 5 hari. Cobalah melakukan tes urin dan memeriksakan diri ke dokter terlebih dahulu. Demikian saran yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat.