Dear dokter,

saya telah membaca artikel pd tgl 6 Mei 2010 yg berjudul Apa Itu Sinusitis?? penulis dr.Anton Suwito, disitu tertulis mengenai komplikasi dari sinusitis dpt menyebabkan infeksi pd otak karena letaknya sangat berdekatan.Yang menjadi pertanyaan saya adalah :
1. sangat berbahayakah komplikasi dari sinusitis yg akan menyebabkan infeksi pd otak sipenderita??
2. Apakah dgn cara pembedahan akan mengurangi sinus dan sakit kepala?
3. Apakah ada alternatif pengobatan lain selain dilakukannya pembedahan, misalkan dgn cara terapi atau pemberian obat2 saja.
Di karenakan saya menderita sinusitis sudah bertahun tahun dan gejala asma, dan sampai skrg ini pun saya msh belum menjalani pembedahan/operasi sinusitis. Krn menurut anjuran dokter yg menangani saya pembedahan bukan jalan keluarnya utk penyembuhan sinusitis saya, melainkan saya hrs meningkatkan daya tahan tubuh. Sementara utk kondisi sinusitis saya ini terkadang menimbulkan sakit kepala sebelah kiri, krn mmg sinus disebelah kiri, jd saya sangat kuatir efek dari sinus ini apalg menimbulkan infeksi yg berdampak langsung kebagian otak
MOhon penjelasan dari dokter. Terimakasih.

Jawaban Dokter :

salam sehat,
terima kasih sudah membaca artikel kami, semoga anda terus mendapatkan informasi kesehatan yang memuaskan. langsung saja ya:
1. tentu saja berbahaya, infeksi pada otak bisa membahayakan nyawa dan menimbulkan kecacatan bila tidak ditangani secara tuntas.
2. pembedahan membantu mengurangi sinus dan sakit kepala dan mengurangi resiko infeksi dan komplikasi akibat cairan yang menumpuk di sinus. tetapi pembedahan bukan penyembuhan sinus.
3. penanganan utama dari sinusitis adalah mencegah sinusitis berulang. benar kata dokter abda anda harus meningkatkan daya tahan tubuh supaya sinusitis tak berulang. faktor asma anda adalah faktor utama berulangnya sinus anda jadi sebaiknya anda mengontrol serangan asma.
gejala utama sinus memang rasa nyeri dan sakit kepala, tapi belum tentu ada infeksi di otak. resiko infeksi otak lebih tinggi bila sinusitis di bagian atas hidung dengan ciri nyeri di daerah di antara alis mata.
semoga membantu