Dok, saya divonis hipertiroid sekitar 2 minggu yang lalu. Vonis tersebut berdasarkan gejala yang saya alami bukan karena tes T3,T4 dan TSH. Gejala yang saya alami meliputi berat badan turun drastis, lemas otot, jantung berdebar-debar, mudah berkeringat walaupun udara sejuk, dan ujung jari gemetar walaupun tidak melakukan aktivitas berat. Kemudian saya diberi propanolol dan neomercazole. Hasilnya keadaan badan saya membaik.

Perlu dokter ketahui bahwa dokter yang mendiagnosis tersebut adalah ahli bedah jantung. Yang mau saya tanyakan :
1. apakah betul saya terkena hipertiroid?
2. apakah saya perlu konsultasi dengan spesialis endokrin ataukah saya tetap melanjutkan pengobatan dokter yang pertama? Karena saya takut terjadi hal-hal yang tidak diinginkan sebelum terlambat. Dokter yang mendiagnosis saya bilang harus mengkonsumsi sekitar 4 bulan. Sementara saya mencari informasi di internet ternyata lebih dari 4 bulan. Itupun belum tentu hasilnya optimal. Adakah saran dari dokter?
3. saat ini saya juga mengkonsumsi bekatul, mengkudu dan ceplukan (semua info ini dari internet). Cuma waktu konsumsi diberi jarak dengan obat dokter. Tp itupun tidak sekaligus. Kalau bekatul tiap pagi dan sore & baru saya lakukan 2 hari ini. Mengkudu dan ceplukan bergiliran.
Bagaimana menurut dokter mengenai kombinasi herbal ini dilihat dari sisi medis. Apakah bagus atau tidak efeknya?

Saat ini suhu badan saya terasa panas. Saya ukur sekitar 37,7. Kira-kira itu efek dari apa ya? Dan obat flu seperti apa yang aman dikonsumsi penderita hipertiroid jika saya memang positif hipertiroid?

Terima kasih atas waktu dan perhatiannya.

Jawaban Dokter :

salam sehat
1. dari gejala anda memang sangat mendukung ke arah hipertiroid, untuk memastikan anda bisa melakukan pemeriksaan T3. T4, dan TSH.
2. anda bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis endokrin untuk terapi lebih lanjut tapi beritahu dokter spesialis jantung anda karena biasanya anda akan diterapi oleh 2 dokter tersebut secara bersamaan. satu untuk endokrin dan satu untuk jantungnya
3. saya tidak tahu efektifitas herbal pada hipertiroid karena tidak ada penelitian ilmiahnya. tetapi kalau bisa jangan diberikan bersamaan dengan obat yang diberikan dokter.
hipertiroid memang bisa menimbulkan suhu tubuh di atas suhu normal sebagai gejalanya. jadi konsultasi saja ke dokter spesialis endokrin agar mendapat terapi yang lebih sesuai. obat pasti memiliki efek samping tapi bila lebih besar manfaat dibandingkan dengan efek sampingnya maka obat layak untuk diminum, lagipula obat-obatan hipertiroid sudah terbukti aman selama bertahun-tahun ini.
semoga membantu