Selamat malam dok,

Saya mau tanya, masa hidup sperma di luar tubuh adalah berapa lama? Dalam suhu kamar berapa lama? Apakah ada kemungkinan terjadi pembuahan bila saat wanita dalam keadaan masa subur dan menduduki tempat bekas sperma terjatuh beberapa menit yang lalu? Apakah petting sehingga sperma tercecer di tangan dan dimasukkan kedalam vagina wanita pada masa subur mampu membuat hamil???  Kebetulan saya baru menikah dan ingin menunda kehamilan, namun bila menggunakan kondom istri saya merasa kesakitan sesudahnya, mungkin lecet, bila menggunakan KB, saya takut atas resiko IUD pada istri saya salah satunya perdarahan.

Adakah jalan lain untuk menunda kehamilan???

 

Jawaban Dokter :

Salam sehat,

Sperma di luar tubuh pria bisa bertahan hidup selama kurang lebih 3 hari. Bila dalam suhu kamar, artinya di benda mati, akan lebih singkat. Wanita yang menduduki bekas sperma tidak akan hamil, dengan catatan si wanita ini memakai pakaian lengkap saat duduk.
Petting pada masa subur si wanita, tanpa pelindung, bisa menyebabkan hamil, karena di cairan pre semen, yang bening sebelum mani keluar bersamaan dengan ejakulasi, juga terdapat sperma, walaupun dalam jumlah yang lebih sedikit.

Semoga membantu.