Anak saya umur 4,5 tahun mengalami bentol-bentol besar dan kecil di kulit sekujur tubuhnya (hilang timbul) termasuk telapak tangan dan kaki yang sangat mengganggunya karena gatal. Sudah dua kali ke dokter spesialis kulit dan dinyatakan alergi tetapi belum terdeteksi alergi apa.
Penyakit ini baru seminggu dialami dan sejak ke dokter pertama kali sudah melakukan diet tetapi bentol dan gatal itu masih ada. Penyakit apakah itu dan bagaimana mengobatinya? Terima kasih.

Banner_e-Book_p3kanak

Jawaban Dokter :

Dear orang tua,

Kalo dilihat dari gejalanya, kemungkinan besar memang ada faktor alerginya, tertapi untuk pastinya saya harus lihat terlebih dulu. Permasalahan dengan alergi adalah, tidak hanya pada makanan tapi juga ada banyak hal lain yg dapat menyebabkan terjadinya gejala tersebut. Udara dingin, debu, tungau, serbuk halus juga salah satu faktornya. Dalam hal makanan, tdk semudah yg kita bayangkan. Seorang anak bisa saja alergi terhadap ayam, sapi, atau seafood. Bukan berarti alergi makanan itu harus selalu dng seafood saja. Cara yg paling baik untuk mengetahui alergi yang mana adalah dengan trial dan error. Coba eliminasi dulu salah satu makanan yg dicurigai, misalnya bila curiga alergi produk sapi, dalam 2 minggu ini jgn berikan sapi atau produk sapi (coklat, keju dll). Bila kecurigaan terhadap bahan non makanan, lakukan cara yg sama.
Saat menyapu, sebaiknya anak di luar, setelah dipel, baru bermain lagi. Seprei dan gorden seminggu sekali diganti, kipas angin rajin dibersihkan, dan ac diservis teratur. Hindari pemakaian ac terus menerus saat malam, dan suhunya diatur bila anak dicurigai alergi dingin.

Untuk bantuan lainnya, sudah tersedia pemeriksaan darah untuk mengetahui alergi apa si kecil, namun tentunya hasil tersebut harus dianalisis lagi dng kondisi si kecil.

Semoga membantu