benjolan di payudara kiri bawah udah tes ca15-3 hasilnya 3,5 sedang
standart 30. apakah ini bisa dikatakan kanker? bagaiman solusi karena ia tidak mau operasi dan periksa ke dokter, karna takut.
apakah ada pantangan makan?
apakah daging masih boleh ?

terapi apa yg cocok? sementara ini terapi dengan arternatif memakai energi kasih sambil ditusuk paki monel ke titik refeksi kaki dan tangan serta kepala.

terima kasih

Jawaban Dokter :

Sdr. Bambang….data yang saudara berikan kurang lengkap.
Saya anggap penderita benjolan adalah wanita, umur? ukuran benjolan? apakah cepat membesar?
Tumor jinak biasanya terjadi pada usia muda < 30 tahun, benjolan tidak cepat membesar, kalau di pegang masih bisa digerak-gerakkan dengan jaringan sekitarnya...kalau sedang menstruasi kadang disertai nyeri.
Untuk diagnosis pasti suatu benjolan itu apakah infeksi, tumor jinak atau tumor ganas..adalah dengan dibiopsi (mengambil sedikit sample berupa jaringan dari benjolan) dan diperiksa di laboratorium patologi
anatomi. Jadi sebelum ada hasil histopatologi dari biopsi
tersebut..maka benjolan apapun belum dapat dikatakan infeksi (bukan tumor), tumor jinak ataupun tumor ganas. Pemeriksaan laboratorium ca 15-3 yang saudara lakukan hanya bersifat menunjang diagnosis..bukan diagnosis pasti. Untuk melakukan pengobatan alternatif…saya kembalikan pertanyaan tsb ke sdr, bagaimana bisa mengobati dengan baik jika diagnosisnya saja belum ditegakkan secara pasti. Tidak untuk benjolan di payudara tidak ada pantangan makanan …Semoga jawaban
saya dapat membantu. Tks

Semoga bermanfaat,

Diabetes