Dok saya mau tanya,

Saya pernah menderita keputihan yang cukup lama, dan setelah sembuh  timbul jerawat seperti diwajah di sekitar kemaluan saya. Menurut seorang dokter via online, ini adalah sumbatan kelenjar sebasea/minyak biasa. Tapi dokter tersebut tidak mau menjelaskan apa penyebab dan pengertian dari kelenjar sebasea, jadi tolong beri tau saya. Kemudian ada benjolan didalam daging atau dibawah kulit disebelah kiri klirotis saya, ukurannya jika dirasakan dengan jari kurang lebih panjang 2 cm x lebar 0.5 cm. Saya merasa benjolan ini aneh karena disisi kanan tidak terdapat benjolan ini. Benjolan ini agak tertutup dengan lemak atau daging di sekitarnya. Benjolan ini agak mengecil setelah saya mengkonsumsi obat-obatan untuk keputihan saya. Jerawat ini pernah muncul sekali dan hanya satu sekitar 5 tahun lalu, dan dalam seminggu hilang.Namun saat ini hampir satu bulan jerawat ini tumbuh dan hilang terus menerus. Saya sedang mencari dokter wanita karena saya risih konsultasi dengan dokter pria yang saya kenal.

Terima kasih.

Jawaban Dokter :

Salam sehat,

Sebenarnya ibu memiliki dua atau satu benjolan yang seperti jerawat di sekitar kemaluan??
Dari cerita yang diuraikan, bentuknya seperti kista bartholini yang terinfeksi. Benjolan ini bisa semakin membesar dan nyeri luar biasa, berwarna kemerahan. Bila tidak ada infeksi dia bisa membesar dan mengecil.
Kelenjar bartholini terletak di sisi kanan dan kiri mulut vagina, fungsinya menghasilkan cairan yang melicinkan vagina, bila terjadi sumbatan akibat infeksi bisa menyebabkan kelenjar jadi bengkak dan nyeri.
Segera temui dokter spesialis kebidanan, saat ini banyak yang wanita, untuk mendapatkan terapi lanjutan dari masalah anda.

Semoga bermanfaat.