Dokter,saya mempunyai ibu yg saat ini berusia 68 th. Ibu saya sudah > 10 th menderita diabet. Tapi krn rutin periksa ke dokter,minum obat dan diet maka saat ini diabet ibu sudah normal (tdk ada mslh). 2 tahun yg lalu ibu saya msk ICU krn diabet yg tinggi sehingga kondisi ibu seperti terkena stroke ringan (agak “pelo”) tp bisa diatasi dng pemberian albumin dan menginap di RS ± 2 minggu. 1 tahun kemudian ibu saya msk RS lagi dng keluhan SESAK..kemudian setelah didiagnosa ± 3 hari ternyata diharuskan untuk HD (Hemodialisis) krn ginjal sudah bermasalah yg cukup serius..awalnya 3 hari sekali kmudian 5 hari,7 hari dan sekarang keluarga minta 10 hari dgn asumsi kondisi ibu sdh agak kuat (krn biasanya orang yang mendekati waktu HD pasti akan lemas padahal ibu saya tidak)..dengan berat hati dokter ginjal kami meluluskan permintaan tersebut.

Adapun sampai saat ini sakit yag diderita ibu adalah Diabetes, Ginjal, Jantung, Kanker Leher Rahim dan yang terbaru adalah adanya Benjolan di Leher kanan kiri yg semula dikira penyebaran kanker tp setelah di FNAB ternyata negatif (artinya ibu saya mengalami pembengkakan kelenjar TBC)…tp dokter Hematologi-nya bingung untuk memberikan obat krn ibu ada
masalah dengan ginjal.

Pertanyaan saya, bagaimana caranya agar benjolan di leher tersebut HILANG ?
Apakah ada pantangan makanan atau mungkin ada obatnya atau dibiarkan saja ?

Atas waktu,perhatian dan bantuannya saya ucapkan terima kasih.

Jawaban Dokter :

Salam sehat Dita,

Jadi, apakah dari dokter patologi anatominya sudah menyatakan apa hasil FNAB nya? dan
Apakah ibu anda sudah dinyatakan positif menderita TBC kelenjar?
bila ya dan ibu anda menjalani HD secara rutin, maka tidak ada masalah dengan pemberian obatnya. Ibu anda dapat diobati seperti penderita TBC dengan fungsi ginjal normal. setelah pengobatan TBC optimal, maka pembengkakan kelenjar ini akan berangsur pulih, dan akan hilang dengan sendirinya.
pantangan makan yang khusus untuk TBC kelenjar tidak ada, karena saya yakin, ibu anda pasti sudah banyakpantangan makan untuk kondisi diabet dan ginjalnya.

semoga berguna dan semoga ibu anda dalam kondisi yang kuat