Dok saya mau nanya, vagina saya bengkak sebelah di bibirnya dok. Itu kenapa ya obatnya apa? dan saya haid tidak lancar dok kadang mundur kadang maju juga.
Mohon bantuannya ya dok

Terima kasih

Jawaban Dokter :

Salam sehat,

Bengkak pada bibir vagina anda dapat disebabkan oleh banyak hal, seperti peradangan, infeksi, pembentukan suatu jaringan baru, juga cedera. Tentu anda perlu mewaspadai apabila disertai keluhan gatal, nyeri, cenderung membesar, dan warna kulitnya berubah, misal semakin merah. Tentu pengobatannya tergantung dari penyebabnya.

Siklus haid wanita biasa berlangsung selama 28 hari, kadang-kadang antara 21 – 30 hari, tentu berbeda pada semua wanita. Haid biasa berlangsung selama 5 hari, kadang 2 – 7 hari. Jumlah darah yang dikeluarkan pun bervariasi antara 10 – 85 cc, berbeda jumlahnya tiap harinya, mungkin pada hari pertama hanya bercak darah.

Ketidakteraturan haid, dapat disebabkan oleh stress pikiran, aktifitas fisik yang berlebihan, asupan nutrisi yang kurang, sedang dalam pengobatan obat tertentu, pemakaian suntik atau pil KB, serta adanya penyakit lain yang mendasari keluhan ketidakteraturan siklus haid, beberapa penyakit tersebut dapat mempengaruhi kesuburan seorang wanita.

Solusi dari keterlambatan haid anda adalah dengan menghindari faktor-faktor pencetus, apabila keluhan dirasakan menetap dan cenderung semakin berat, anda sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Semoga bermanfaat.

Salam