Anak saya laki-laki, sekarang berumur 25 bulan, berat 13 kg, tinggi 90cm & sangat aktif. Sejak dari bayi, memang kalau tidur malam sering menangis tiba-tiba beberapa kali. Awalnya saya pikir wajar, setiap bayi pasti begitu, tapi hingga sekarang kebiasaan itu tidak hilang. Setiap malam pasti ia merengek atau menangis tiba-tiba dengan mata masih tertutup. Setiap malam bisa 3 kali ia seperti itu & setiap ia menangis pasti saya beri susu 120 ml. Tangisannya kadang meminta susu, meminta mainan, mengajak saya keluar kamar tapi sering juga tidak jelas sambil marah-marah. Ia memang masih tidur bersama saya & suami, sehingga setiap malam anak saya menangis itu sangat mengganggu waktu tidur kami karena besok paginya kami harus berangkat kerja & seringkali merasa kurang tidur, bahkan saya seperti menderita insomnia.

Pertanyaan saya, apakah kebiasaan anak saya normal, apakah ia begitu karena lapar padahal makannya cukup & minum susunya juga kuat sekali . Bagaimana mengatasinya ya dok?

Jawaban Dokter :

Bayi memang terbiasa menangis di malam hari jika dia lapar, ngompol dan kepanasan. Untuk anak ibu yang berusia 25 bulan, menangis 3 kali dalam 1 malam bukan berarti dia lapar sehingga setiap kali harus ibu berikan susu. Yang penting disini adalah KOMUNIKASI.

Anak berumur 25 bulan biasanya sudah mampu mengatakan/ memperlihatkan apa yang dia suka atau yang dia tidak suka. Ibu bisa bertanya kepada dia :

  1. Apakah dia lapar?
  2. Apakah dia mimpi buruk?
  3. Apakah dia tidak suka tidur dengan lampu yang dimatikan misalnya.
  4. Apakah dia merasa kedinginan atau kepanasan?

Yang penting juga adalah karena dia tidur dengan bapak/ibu, pastikan bahwa dia tidak melihat hal-hal yang seharusnya tidak dia lihat (seperti bapak/ibu bertengkar, bapak & ibu berhubungan intim). Ajarkan juga anak ibu untuk berDOA sebelum tidur, dengan mengatakan bahwa dengan berdoa kita bisa meminta sama Tuhan supaya selalu menjaga kita selama tidur dan menjauhkan kita dari hal-hal yang mengganggu kita.

Semoga berhasil ya Bu.