Dear dokter,
Putra sy umur 4thn lebih,batuknya dari kering sampe berdahak n dtambah terkena pilek jg,sudah hampir 3bln tak kunjung sembuh,tiap minggu ke dokter n diresepkan sejumlah obat tp masi blum sembuh jg. Diagnosa alergi n gejala asma. Batuk parah saat bangun tidur n menjelang tidur. Putra sy sangat aktif n nafsu makan ga terganggu,berat badan 19kg,tinggi 120cm.semakin banyak aktivitas nya batuk semakin aktif,siang hari pun tidak lepas dari batuk.pernah nebu tapi hasilnya sama saja malah tambah parah karena dahak nya tidak bisa dia keluarkan.kadang terdengar seperti batuk kering dan kadang seperti berdahak.Saat batuk kering,batuknya dalam hitungan detik,terjadi sepanjang hari,kasian jadi ga bisa tidur siang n malam pun terganggu jg.sy sangat stress mikirin solusi nya sampe sy sendiri jg terkena penyakit yg sama tetapi tidak separah itu.bagaimana ya,dokter?apa penyebab batuk putra sy?
Makanan nya,banyak yg rebus n susu jg sudah diencerkan bahkan berhari2 tidak minum susu sama sekali.:-(

Jawaban Dokter :

Malam sobat,
Batuk berkepanjangan dapat disebabkan oleh infeksi saluran pernafasan atau alergi. Infeksi pernafasan umumnya menimbulkan gejala demam, nyeri tenggorok, turunnya nafsu makan, gejala lemah/ tidak enak badan atau nyeri kepala. Perhatikan bila ada anggota keluarga atau saudara yang mengalami keluhan serupa, benjolan disekitar leher, dan penurunan berat badan. Sedangkan penderita alergi dapat menunjukan gejala seperti hidung yang tersumbat, hidung gatal, pilek, tenggorok gatal, kantung mata yang membesar atau adanya lekukan diatas cuping hidung akibat seringnya penderita mengusap hidung. Alergi tidak hanya disebabkan oleh debu, pencetus lainnya seperti bulu hewan, serbuk tumbuhan atau perubahan suhu udara yang drastis.
Periksakan anak anda kedokter spesialis anak untuk mendapat diagnosa dan pengobatan yang tepat. Ada kemungkinan dokter akan melakukan pemeriksaan darah dan rontgen untuk membantu diagnosa. Bila alergi dicurigai, dokter mungkin melakukan tes skin-prick untuk menentukan pencetus utama reaksi alergi. Semoga informasi ini membantu.